R U Active/inActive???

Manusia tiada lain diciptakan kecuali untuk menjadi seorang pemimpin

Kemarin gw merenung,, benarkah diri gw sendiri sudah merupakan pemimpin yang baik?

Apakah gw udah bisa memimpin orang lain?

Atau bahkan apakah memimpin diri sendiri saja belum becus?

Ternyata,, jujur saja gw menilai diri gw sendiri belum becus dalam memimpin diri sendiri, apalgi dalam memimpin orang, namun semua itu ada prosesnya, untuk itulah gw semangat banget untuk jadi lebih baik lagi, supaya sosok PEMIMPIN dalam diri gw semakin terasah, baik untuk diri gw sendiri maupun untuk orang lain..

Gw pikir, pertama2 kita harus menilai dulu seberapa besartkah keaktivan kita di lingkungan sekitar kita? Terutama hal ini dapat kita nilai dari interaksi sehari2 kita dengan orang2 di sekitar kita..Misalkan saja kerja sama angkatan gw di STEI ITB saat mengerjakans egala tugas angkatan saat OSPEK dan tetek bengeknya (hehe:p).. di situ kita bisa menilai, sebenarnya, kita ini cenderung lebih sering menyuruh orang, atau disuruh orang saja??

Ternyata, untuk menjadi seorang pemimpin, ternyata kita tidak harus menjadi ketua dalam segala bidang,, kita ambil contoh saja dalam kerja sama kita dengan orang lain, kita lihat nih, kita ini cenderung aktif berpendapat, memberikan masukan/ ide2 ataukah kita cenderung lebih sering menerima ide/pendapat orang lain begitu saja dan langsung mengikutinya?Kita sendiri lah yang dapat menjawabnya..

Ternyata, jika kita cenderung pasif, lebih sering mengikuti ide2 orang lain tanpa memikirkan apakah itu baik menurut kita, nurut gw orang seperti itu lah yang lebih mudah disetir orang, orang seperti ini lah yang lebih sering cenderung ‘menurut saja’.. dan yang paling bahaya nya, orang seperti ini lah yang belum mempunyai prinsip yang teguh dalam hidupnya,, dengan kata lain, belum menemukan jati dirinya.. akan jauh lebih terasa efeknya jika kita sudah terjun kemasyarakat dan bekerja.. orang ynag lebih gampang disetir orang, tentu saja tidak akan mendapatkan peningkatan karier yang baik.. bahkan bisa jadi malah tetap menjadi pesuruh2 saja (kasarnya sih begitu..)

Sebaliknya, orang yang cenderung lebih aktif untuk memaparkan segala ide, dan pendapat2nya (ingat, tidak harus sebagai ketua ataupun koordinator suatu hal, walaupun jabatan mereka yang berpotensi dan berpeluang lebih besar untuk lebih aktif berpendapat) dia lebih mudah menguasai diri dan orang di sekitarnya, kebanyakan orang seperti ini lah yang banyak diharapkan untuk menjadi seorang pemimpin di masa depan.. karena dia tidak mudah dipengaruhi orang lain,, dia tidak akan mengikuti pendapat2 orang lain dengan mudahnya ,memang tidak harus menutup diri untuk mendengarkan pendapat orang, tapi intinya tidak mudah dipengaruhi,, sehingga orang2 di sekitarnya pun menilai , “wah, si A memang canggih, saya suka dengan keteguhannya dalam memegang prinsipnya” dan memang sudah banyak buktinya, bahwa di masa depan, orang seperti ini lah yang selalu memegang kendali akan segala sesuatu dari yang kecil sampai yang besar, contohnya memimpin suatu Negara! Saat dia terjun ke masyarakat pun dia akan mengalami peningkatan karier yang baik, di mana pada posisi itu dia harus memimpin orang lain dengan baik.. tentunya, orang seperti ini lah yang lebih sukses dalam hidupnya..

So, Bagaimanakah diri Anda? Apakah aktif? Atau cenderung pasif? Anda sendiri lah yang dapat menilainya karena anda yang paling paham akan keseharian anda saat berinteraksi dengan sesama..

Pokoknya, jadilah diri Anda sendiri!
Cari saja apa yang terbaik buat Anda! Jangan mudah terpengaruhi orang lain!
Jadilah seseorang yang aktif! Jadilah Seorang PEMIMPIN!!!
Memang semua hal itu tidak bisa terbentuk secara instan, ada prosesnya.. jadi jangan menyerah untuk melakukan perubahan!! jadi selamat berusaha untuk Anda semua pada umumnya yang hatinya sedikit tergugah dan ingin memperbaiki diri setelah membaca sedikit tulisan ini dan khususnya pada diri gw sndiri…

No comments: